Wisata

Pulau Terkenal di Kepulauan Seribu

“Kepulauan Seribu” secara harfiah berarti: Kepulauan Seribu, ya, sama dengan saus populer yang kami letakkan di atas salad! Di sini, sebenarnya, ini adalah nama pulau-pulau tropis yang tersebar di Teluk Jakarta.

Tetapi hanya sedikit orang yang tahu, bahwa di sini tepat 110 pulau, yang bersama-sama membentuk Kabupaten, meliputi Taman Laut Nasional Kepulauan Seribu di provinsi Jakarta. Gugusan pulau ini membentuk liburan bahari yang luar biasa yang berkisar dari setengah jam hingga tiga jam naik perahu dari pantai utara ibu kota.

Di sini, sekitar 20.000 orang tinggal di 11 pulau saja, sementara yang lain tidak berpenghuni, adalah milik pribadi atau tempat perlindungan alam terbatas. Pulau-pulau itu adalah tempat snorkeling dan taman bermain air khususnya bagi penduduk kota metropolitan. Selama liburan, wisatawan domestik akan bersenang-senang di bawah matahari di banyak pulau ini.

Di bawah ini adalah daftar pulau yang menarik untuk dijelajahi dan bersenang-senang dengan seluruh keluarga, mulai dari yang paling dekat ke pulau terluar

1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah pulau terdekat dengan pelabuhan feri Marina Ancol, dan hanya 30 menit perjalanan dengan perahu, di mana Anda dapat langsung menikmati situs fotogenik Fort Martello, yang dibangun pada abad ke-17. Pulau ini memiliki koleksi pohon langka yang luar biasa alami di tanahnya yang subur. Ada Pohon Perdamaian (baringtoniaexelsa), Pohon Sentigi (pempisacidula), Pohon Kayu Hitam (diospyrosmaritama), pohon buah-buahan dan pohon bakau yang merupakan sumber daya luar biasa untuk dipelajari. Pondok mengambang adalah tempat favorit untuk menghabiskan liburan Anda di pulau. Bersantai dan tenggelamkan kaki Anda di pasir. Jangan lupa untuk mencicipi hidangan seafood lezat lokal yang segar dari air biru.

2. Pulau Ayer

Resor Pulau Ayer menawarkan para wisatawan pilihan untuk menginap baik di cottage terapung atau di darat di vila-vila yang dirancang di sepanjang detail tradisional Papua. Resor ini dikembangkan pada 1950-an, dan merupakan retret bagi Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Fasilitas liburan seperti restoran, zona arcade, karaoke, taman bermain, lapangan olah raga, dan kolam renang besar dilengkapi berbagai macam jenis, kegiatan harus diujicobakan di pulau ini. Terletak hanya 25 menit dari Marina Ancol, pulau ini adalah salah satu tujuan favorit untuk keluarga dan pertemuan kelompok besar.

3. Pulau Onrust

Pulau Onrust adalah sebuah pulau kecil yang memiliki Benteng Belanda bersejarah dan Dutch Colonial Times dan sekarang berfungsi sebagai museum pulau. Nama ‘Onrust’ berasal dari kata Belanda yang berarti ‘Kerusuhan’.

Meskipun demikian sumber lain menyebutkan kemungkinan alternatif, bahwa itu mungkin berasal dari seorang bangsawan Belanda bernama Baas Onrust Cornelis van der Walck. Sejarah pulau ini berasal dari tahun 1800-an. Belakangan, ia mengubah fungsi itu beberapa kali, dari menjadi galangan penting dari Perusahaan Hindia Timur Belanda, VOC, ke stasiun cuaca, sanatorium, karantina Haji, dan bahkan sebagai penjara bagi para penjahat terkenal. Oleh karena itu pulau ini memiliki banyak jejak mengikuti sejarah panjangnya.

4. Pulau Tidung

Habiskan akhir pekan Anda di Pulau Tidung yang indah dengan Jembatan Cinta atau Jembatan Cinta yang terkenal, sebuah jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan pulau kecil Tidung dengan Tidung yang besar. Legenda mengatakan bahwa itu mendapatkan nama Jembatan Cinta sebagai simbol harapan abadi untuk menemukan cinta sejati Anda di sepanjang jalan ini. “Aku melompat, dan kamu melompat.” Anda dapat menyewa sepeda untuk berkeliling dan berinteraksi lebih dekat dengan penduduk setempat yang hangat di tempat ini. rumah terbuka mereka.

5. Pulau Pari

Pulau Pari saat ini telah menjadi tujuan baru di Kepulauan Seribu. Meskipun jaraknya relatif pendek dari Marina Ancol, pulau ini memiliki suasana pulau yang lengkap. Nikmati perahu nelayan tradisional yang melompat untuk berlayar mengelilingi pulau. Pantai tenang tenang yang tenang dengan ombak kecil yang akan menenangkan Anda dengan lembut. Bahkan ada tempat yang disebut Virgin Sands yang terkenal karena pesonanya yang masih asli.

Fasilitas penelitian juga telah didirikan di sini untuk mempelajari rumput laut. Jangan lewatkan Sun Hill atau Bukit Matahari, hotspot untuk langit-langit yang indah di mana matahari terbit dan terbenam di perairan murni, yang benar-benar ajaib!

6. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka adalah pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu, yang terletak di tengah-tengah gugusan pulau ini. Karena itu, pulau ini juga yang paling banyak dihuni. Di sini ada sekolah, masjid, fasilitas perbankan dan komunikasi yang mungkin tidak Anda temukan di pulau-pulau lain. Selain itu, Pramuka juga merupakan cagar alam bagi penyu hijau bernama Eretmochelys imbricate, yang dilestarikan dan dilindungi di habitat alami ini. Bayi penyu yang telah mencapai tahap yang tepat akan dikirim ke habitat alami baru mereka di laut. Turis diundang untuk membantu langkah pertama yang diambil oleh makhluk kecil yang cantik ini dari pantai = ke laut, dalam upaya meningkatkan kesadaran dalam perawatan hewan serta menjadi daya tarik wisata. Ikan beraneka warna dan terumbu karang juga menjadi daya tarik bagi mereka yang menyukai petualangan bawah laut.

7. Pulau Sepa

Sebuah pulau seluas tujuh hektar dengan garis pantai yang mempesona, Pulau Sepa berjarak satu setengah jam dari Pier 19 di Marina Ancol. Perahu berangkat ke pulau-pulau pada jam 8 pagi dan dijadwalkan untuk berangkat kembali pada jam 2 sore di sore hari. Banyak kegiatan tersedia di sini untuk dinikmati. Mulai dari berjemur sederhana di pasir putih hingga olahraga air yang lebih menarik seperti snorkeling, banana boating, diving, atau Jetskiing. Anda juga bisa bertemu dengan beberapa kura-kura di sini. Menginap di pondok dengan berbagai kapasitas juga tersedia untuk dipilih.

8. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi atau Pulau Pelangi berjarak 70 kilometer dari Marina Ancol, ia teduh dengan pepohonan hijau dan kelapa: surga snorkeling dengan air jernih transparannya. Anda juga dapat menaiki Alaska, kapal selam semi kapal selam untuk mengalami cara baru mengintip ke dalam taman bawah laut. Naik perahu banana yang menyenangkan hanya akan membuat Anda pergi dengan senyuman dan kegembiraan terbesar. Beristirahat dan bersantai di bungalow beratap jerami dan pantai yang indah. Jangan lupa untuk mencoba makanan laut segar lokal di restoran apung yang indah. Nikmati malam barbeque Anda di bawah pulau-pulau yang bersinar langit berbintang.

9. Pulau Macan

Pulau Macan atau Pulau Harimau menarik para pasangan yang sedang berbulan madu sebagai tujuan wisata ramah lingkungan, yang terkenal akan pondok-pondoknya yang romantis. Di sini gubuk dibangun dengan gaya alami, sehingga Anda mungkin benar-benar merasa seolah-olah berada di pulau pribadi terpencil yang jauh dari peradaban. Beberapa gubuk begitu diposisikan untuk memungkinkan pengunjung untuk menangkap pemandangan matahari terbenam terbaik. Anda bahkan dapat terjun ke air laut yang jernih hanya beberapa langkah dari tempat tidur Anda yang nyaman. Terletak 1,5 jam dari Marina Ancol, Pulau Macan menawarkan olahraga air yang menarik seperti kano, selancar angin, snorkeling, dan menyelam.

10. Pulau Putri

Pulau Putri termasuk di antara pulau-pulau terjauh dari kota Jakarta. Dengan perairan yang jernih, Pulau Putri akan memanjakan Anda dengan kegiatan olahraga air, perahu bawah kaca dan banyak atraksi unik lainnya. Salah satu pulau lebih lanjut di cluster ini adalah dua sampai tiga jam dari pelabuhan Marina Ancol. Pulau Putri menyambut pengunjung setiap hari dengan pantai-pantainya yang indah dan berbagai petualangan laut. Sebuah terowongan kaca adalah fitur khusus dari pulau itu, di mana pengunjung dapat dengan bebas menyaksikan kehidupan bawah laut yang menakjubkan tanpa harus basah. Tampilan akuarium besar dan seluncur air harus menjadi salah satu dari banyak kegiatan menarik untuk dinikmati di sini. Cottage dengan fasilitas lengkap termasuk ruang pertemuan dan lapangan tenis dipelihara dengan baik untuk melayani tamu. Kehidupan menakjubkan di dasar laut juga menunggu untuk dikagumi oleh seawalker, sementara yang lain lebih suka snorkeling dan menyelam di sekitar permata ini dari sebuah pulau.

Tags
Show More

One Comment

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close